Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Hari Besar Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Keris Kuno Ditemukan di Dasar Sungai Kapuas

Keris Kuno Ditemukan di Dasar Sungai Kapuas

Diposting pada 2 Oktober 2015 oleh admin

Dua benda bersejarah berupa keris sepanjang 1,5 meter dan kacip (alat pembelah buah pinang) berukuran raksasa ditemukan dua penyelam tradisional di Sungai Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Keris dan kacip berukuran raksasa tersebut ditemukan oleh Wawan (21) dan Yanto (28), warga RT 2, Kelurahan Murung Keramat, Kecamatan Selat. Kedua orang ini sehari-hari berkerja sebagai penyelam tradisional. Pada 9 Juli sekitar pukul 15.00 mereka bekerja di bawah Jembatan Pulau Telo, Kecamatan Selat, dan menemukan benda tersebut.

Menurut Wawan, Senin (20/7), penemuan benda bersejarah itu berawal ketika keduanya melakukan rutinitas sebagai penyelam di Sungai Kapuas untuk mencari benda-benda di dasar sungai, seperti kayu dan besi, yang memiliki nilai jual.

Ketika itu, Wawan bertugas selaku penyelaman, sedangkan Yanto menjaga perahu dengan mengontrol kompresor sebagai alat bantu pernapasan. Sekitar pukul 15.00, Wawan muncul ke permukaan sungai dengan membawa sebatang besi dan terkejut mengetahui benda yang didapatnya itu adalah keris dengan tujuh kelokan dan berukuran besar.

“Saya terkejut benda yang saya dapatkan itu ternyata sebuah keris yang ukurannnya besar sekali. Seumur hidup baru kali ini saja yang melihat keris seukuran itu,” ujarnya.

Setelah mendapatkan benda tersebut, mereka berdua tidak langsung pulang, tetapi mencoba kembali menyelam dengan rasa penasaran. Wawan pun kembali menemukan sebatang besi berbentuk kacip yang juga berukuran raksasa, tak jauh dari lokasi ditemukannya keris. Kedua benda itu pun kemudian dibawa pulang ke rumah.

Besi yang berbentuk keris itu memiliki ukiran-ukiran unik di pangkalnya, tetapi gagang keris tersebut tidak ada. Demikian juga dengan kacip, bagian ujungnya berbentuk menyerupai burung tingang, ciri khas Dayak Kalteng.

Mengetahui adanya penemuan keris dan kacip berukuran besar, warga pun lalu berbondong-bondong menyaksikan dari dekat hasil temuan Wawan dan Yanto tersebut. Menurut Wawan, terdapat beberapa kejanggalan pada saat seorang pengunjung menyentuh keris tersebut, ternyata tangan si penyentuh tersebut merasa agak kaku.

Walaupun banyak kolektor benda bersejarah ingin membeli keris dan kacip yang diduga berumur ratusan tahun itu, Wawan tidak ingin menjualnya.

Sumber : kompas.com

Bagikan informasi tentang Keris Kuno Ditemukan di Dasar Sungai Kapuas kepada teman atau kerabat Anda.

Keris Kuno Ditemukan di Dasar Sungai Kapuas | Koleksi Mustika

Belum ada komentar untuk Keris Kuno Ditemukan di Dasar Sungai Kapuas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan